Rabu, 23 Oktober 2013

Waspada Salah Menggunakan Shampo dan Kondisioner



Mencuci rambut dan memakai kondisioner sudah Anda lakukan. Tetapi mengapa rambut masih saja terlihat kusam, sulit diatur dan bahkan rontok? Mungkin Anda melakukan beberapa kesalahan saat keramas.

Terlalu sering mencuci rambut
Bagi pemilik kulit kepala berminyak, keramas setiap hari atau bahkan lebih, kerap kali dilakukan dengan harapan agar rambut tidak lepek. Sayangnya pada beberapa kasus, hal ini justru tidak dianjurkan karena dapat merangsang produksi minyak alami yang berlebihan serta membuat rambut tampak kusam. Sebagai solusi, gunakanlah dry shampoo. Apabila keramas setiap hari tetap diperlukan, pilihlah shampo dengan kandungan alkohol yang lebih sedikit.

Menggosokkan shampo hingga berbusa di kepala
Kondisi rambut saat basah, jauh lebih rapuh ketimbang ketika kering. Oleh karena itu, banyak orang yang sering melihat rambutnya rontok pada saat atau setelah keramas. Untuk mengatasinya, hal yang paling utama untuk Anda lakukan adalah dengan membasahi dan menggosok shampo hingga berbusa pada tangan, bukan pada kepala. Dengan begitu, mahkota Anda pun akan terlubrikasi dengan baik sehingga mengurangi risiko rambut rusak saat keramas.

Menggaruk rambut dengan kuku
Saat keramas, yang perlu diperhatikan adalah cara mencucinya. Hindari menggaruk kulit kepala dengan kuku, tapi lakukanlah dengan ujung jari tangan. Bagi yang memiliki rambut berminyak, menggaruk kulit kepala terlalu keras hanya akan memicu kelenjar minyak untuk memproduksi minyak berlebih. Inilah salah satu faktor yang membuat rambut Anda terus menerus lepek walau sudah keramas.

Bilas rambut dengan air hangat
Mandi dengan menggunakan air hangat dipercaya dapat memberikan membuat tubuh lebih rileks. Sayangnya itu tidak berlaku bagi rambut. Keramas dengan air hangat dipercaya bisa membuka pori-pori sehingga rambut menjadi longgar di bagian akar. Air yang terlalu panas juga bisa membakar rambut. Anda harus memahami bahwa rambut terdiri dari keratin yang merupakan protein. Jadi jika Anda menyiram rambut dengan air yang terlalu panas, maka protein di rambut Anda akan terdenaturasi atau terbakar. Sedangkan, mencuci rambut dengan air yang sejuk dipercaya bisa menjadikan rambut berkilau.

Mengaplikasikan kondisioner salah
Penggunaan kondisioner dipercaya sangat penting bagi kesehatan dan keindahan mahkota Anda. Hal ini dikarenakan kondisioner mampu mengembalikan kelembapan rambut yang hilang akibat keramas. Namun gunakanlah kondisioner hanya pada ujung rambut dan bukan akar. Hal ini agar tidak membuat kulit kepala semakin berminyak. Selain itu, aturan untuk mendiamkan rambut selama 3 hingga 5 menit setelah memakai kondisioner benar-benar perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mengeringkan rambut dengan menggosoknya
Terakhir, kesalahan yang paling sering dilakukan setelah keramas adalah mengeringkan rambut dengan cara menggosok-gosokannya pada handuk. Hal itu hanya akan membuat kondisi rambut yang basah menjadi lebih rapuh sehingga mudah rontok. Selain itu, gunakanlah sisir bergigi jarang jika ingin menyisir rambut yang basah.

0 komentar:

Posting Komentar