Kamis, 17 Oktober 2013

Tips Cara Mudah Lindungi Mata Dari Bahaya Monitor

Hampir setiap hari mata selalu berada didepan layar monitor. Entah berada di depan TV ataupun bekerja di depan komputer. Terlalu lama berada didepan layar monitor dapat membahayakan kesehatan mata. Sinar radiasi dari layar monitor dapat menyebabkan mata perih, panas, gatal, merah, mata lelah dan secara bertahap dapat menyebabkan penglihatan memburuk.
Untuk mengatasi masalah kesehatan mata tersebut inilah beberapa tips penting yang dapat diterapkan seperti dikutip dari Our Vanity :

Periksa iluminasi layar
Pastikan untuk memeriksa ilmuninasi layar monitor, jangan sampai terlalu terang atau gelap. Hindari kerlip cahaya monitor yang mengganggu dan sebaiknya tidak melihat layar monitor di ruangan gelap karena dapat merusak penglihatan. Atur layar agar tak sejajar dengan mata, baiknya tempatkan layar horizontal tapi sedikit condong kebawah.
 
Istirahatkan mata
Untuk menghindari mata lelah dan perih, selalu istirahatkan mata. Baiknya setiap 30 menit - 1 jam melihat layar monitor, pastikan untuk mengambil 5 menit waktu istirahat. Dengan cara mengalihkan pandangan ke arah lain selama 5 menit. Setelah itu kembali bekerja di depan layar monitor. Lakukan secara rutin setiap 30 menit hingga 1 jam berikutnya.

Olahraga mata
Tak hanya tubuh, mata juga perlu berolahraga untuk menghindari kelelahan dan melindunginya dari efek buruk layar terlalu lama berada di depan layar monitor. Olahraga yang dapat dilakukan diantaranya adalah memainkan bola mata. Pertama biarrkan bola mata bergerser kearah kira sampai hitungan kedelapan, geser pandangan bola mata ke arah kanan. Lakukan hal ini selama 2-3 menit. Atau olahraga mata lainnya yang dapat kamu lakukan adalah berkedip sebelah mata kanan dan kiri secara bergantian lakukan setidaknya 2-3 menit.

Menutup mata dengan telapak tangan
Teknik menutup mata dengan telapak tangan disebut dengan palming. Teknik ini bisa membantu membuat sistem saraf disekitar mata menjadi rileks dan mencegah penglihatan memburuk. Caranya sederhana cukup dengan menggosok kedua telapak tangan hingga telapak tangan menjadi hangat, kemudian letakkan telapak tangan untuk menutupi kedua mata selama 30 detik. Ulangi cara ini selama setidaknya 4 menit untuk membuat mata lebih rileks.

Banyak berkedip
Berada terlalu lama di depan layar monitor dapat menyebabkan mata kering dan memicu terjadinya iritasi mata. Cara simpel untuk mengatasinya adalah dengan sering berkedip. Berkedip bertujuan untuk membasahi mata yang kering dan menghindari terjadinya iritasi mata.
Itulah beberapa cara sederhana yang bisa kamu terapkan bila sering berada di depan layar monitor. Semoga bermanfaat ya

0 komentar:

Posting Komentar