Kamis, 24 Oktober 2013

Tips Mengemudi Dengan Aman untuk Wanita



Para pembajak mobil dan perampok sering kali menargetkan wanita yang berkendara sendiri sebagai sasaran empuk. “Mereka lebih sering menargetkan pengemudi wanita karena mereka bersikap lebih baik dan murah hati,” kata juru bicara Philippine National Police (Kepolisan Nasional Filipina/PNP) dalam wawancara dengan ABS-CBN.

Tapi polisi memperingatkan bahwa kejahatan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, mereka juga memberitahu kami bahwa kejahatan itu bisa dicegah dengan mengikuti aturan sederhana yang memprioritaskan keselamatan pribadi kita.

Berikut ini kiat-kiat bagi wanita yang berkendara sendiri, terutama bagi mereka yang mengemudi setiap malam:

1. Pastikan fitur quick dial (menelepon hanya dengan memencet satu nomor) Anda digunakan, minimal dengan menyimpan satu nomor telepon teman, keluarga, atau pihak berwenang yang bisa dihubungi secara cepat dalam keadaan darurat.
 
2. Selalu waspada terhadap sesuatu yang mencurigakan. Percayalah insting Anda. Jika merasa ada sesuatu yang aneh dan Anda tiba-tiba memiliki firasat buruk, jangan pernah keluar dari kendaraan.
 
3. Jangan pernah meninggalkan barang berharga di dalam mobil Anda, atau barang-barang yang mungkin menarik perhatian para penjahat.
 
4. Jika Anda sedang mengemudi dan seseorang memberitahu Anda bahwa ban mobil Anda kempes,  jangan langsung berhenti. Terus kemudikan mobil Anda ke tempat umum yang terang, misalnya SPBU,  sebelum berhenti dan memeriksanya.
 
5. Bawalah selalu semprotan merica dan lampu senter, yang bisa Anda gunakan untuk mengalihkan perhatian penjahat dan memberikan Anda cukup waktu untuk melarikan diri.
 
6. Jangan pernah meninggalkan kunci di dalam mobil.
 
7. Jika penjahat berhasil masuk ke mobil Anda, lakukan saja apa yang mereka katakan sampai Anda dapat menemukan kesempatan untuk melarikan diri atau meminta bantuan.
 
8. Jangan mengemudi dalam keadaan mabuk. Melakukan hal ini bisa mengurangi fokus kendali Anda, yang bisa mencegah Anda bertindak dengan tepat.
 
9. Anda juga bisa menggunakan gadget atau mengunduh aplikasi pada ponsel Anda yang dapat melacak keberadaan mobil Anda.
 
10. Jangan panik. Selalu prioritaskan keselamatan Anda di atas keselamatan barang-barang Anda, berapa pun berharganya.

0 komentar:

Posting Komentar