Minggu, 15 September 2013

Cara Menghilangkan Bau Perungus Daging Kambing

Ada satu persoalan klasik yang muncul saat mengolah daging kambing, yaitu bau perengus kambing.

Mungkin Anda sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasinya, mulai dari merebusnya dengan daun pepaya, sampai melumurinya dengan berbagai bumbu dapur, namun bau tersebut tak kunjung hilang. Lantas adakah cara ampuh untuk menghilangkannya?

Menurut Senen Riyanto, pemilik rumah makan Warung Sederhana Pak Budi yang terkenal dengan menu sate goreng kambingnya, merendam daging kambing dengan air nanas adalah cara ampuh menghilangkan bau perengus.

"Jangan cuci daging sebelum diolah. Cukup rendamkan potongan daging dalam air parutan nanas muda selama tiga sampai lima menit," kata Senen yang akrab dipanggil Pak Budi saat jumpa pers "Bango Ahlinya Masakan Kambing Nusantara" di Oasis Restaurant, Kamis (12/9/2013).

Selain bau perengus hilang, daging kambing juga menjadi empuk. Pak Budi mengingatkan, jangan terlalu lama direndam supaya daging tidak kelewat empuk alias lembek.

"Mengolah daging kambing dengan bumbu tradisional yang beraroma kuat seperti serai, cengkeh, bawang putih dan kapulaga juga membantu hilangkan bau perengus," ujar dia lagi.

0 komentar:

Posting Komentar