Senin, 19 Agustus 2013

Buah Yang Bisa Di Makan Penderita Diabetes

Tanya:
Saya penderita diabetes tipe 2 dan sudah berlangsung hampir 5 tahun. Buah-buahan apa saja yang tidak diperbolehkan bagi penderita diabetes?

Jawab:
Mitos yang umum adalah bahwa jika kita memiliki diabetes, jangan makan makanan tertentu karena makanan tersebut ‘terlalu manis’. Beberapa buah memang mengandung gula lebih dari yang lain, tapi itu tidak berarti kita tidak boleh makan buah manis jika kita memiliki diabetes.

Yang harus diperhatikan adalah jumlah total karbohidrat yang dapat mempengaruhi kadar gula darah. Satu porsi buah yang baik dikonsumsi rata-rata mengandung 15 gram karbohidrat. Lalu berapa gram buah yang bisa dikonsumsi untuk mencapai 15 gram karbohidrat? Tentu ini tergantung pada kandungan karbohidrat masing-masing buah.

Saat mengonsumsi buah tinggi karbohidrat, tentu porsinya jadi harus lebih sedikit. Sebaliknya, kita bisa makan dengan porsi lebih banyak jika memilih buah yang kandungan karbohidratnya rendah.

Sebagai bayangan, 15 gram karbohidrat pada buah-buahan berikut ini setara dengan:
• pisang - setengah porsi ukuran besar
• mangga - 83 gram
• semangka - 190 gram
• nanas - 124 gram
• stroberi - 180 gram

Cukup sulit memang untuk menakar jumlah buah yang dapat kita makan. Perlu dipertimbangkan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mendapatkan takaran yang sesuai dengan diri kita. Namun, saya punya kiat yang bisa mempermudah penderita diabetes untuk menakar makanan yang akan dikonsumsi, yaitu makanlah seperti biasa namun kurangi semua porsi makanan yang biasa kita makan menjadi setengahnya, lalu lakukan olahraga rutin sehari 10-15 menit. 

Jangan lupa kontrol kadar gula darah secara rutin setiap dua pekan. Kunci keberhasilan mengendalikan gula darah adalah diet dan olahraga. Jika salah satu tidak dilakukan, maka kadar gula darah akan sulit terkendali.
Salam sehat selalu.

0 komentar:

Posting Komentar